3 Alasan Untuk Tidak Berinvestasi Saat Ini

Sepotong saran investasi yang umum (biasanya tepat) adalah waktu terbaik untuk memulai investasi saat ini juga.

Tetapi kita juga harus ingat bahwa investasi membutuhkan rencana pribadi. Anda harus berinvestasi berdasarkan musim tertentu dalam hidup dan situasi keuangan tertentu. Sudah banyak orang-orang berinvestasi dengan mendengarkan apa yang orang lain katakan atau pikirkan. Mereka mengatakan, “Ini adalah waktu yang tepat untuk membeli saham”. Mereka mengatakan, “Pasar mulai anjlok, sehingga anda harus berinvestasi”. Teman mengatakan, “Saya tahu saham XYZ akan meningkat”. Penasihat keuangan mengatakan, “Anda akan menjadi seorang jutawan dalam kurun waktu 5 tahun”.

Sebelum kita siap untuk berinvestasi, pertama-tama kita harus melihat diri sendiri di cermin dan melihat buku-buku keuangan kita. Misalnya, saat menangani pertanyaan “Haruskah saya melunasi hipotek atau berinvestasi?” – kita harus mempertimbangkan situasi pribadi sendiri dan memberikan prioritas yang lebih banyak daripada segala sesuatu lainnya. Hal ini dikarenakan cermin – bukan Dow Jones – seringkali merupakan indikaator yang lebih baik dari pilihan yang tepat. Berinvestasi “saat ini” hanya karena sebuah alasan adalah kesalahan yang besar dalam kasus anda.

  • Anda kurang mengetahui dasar-dasar investasi

Saat investasi memiliki banyak musuh, tidak ada musuh yang lebih tangguh daripada diri sendiri. Dalam buku yang berjudul “Have Kids? Here are Four Financial Mistakes to Avoid” – Steve Saclicci  mengatakan:

“Ingatkah anda tentang pepatah lama yang bijaksana berkata, “belajarlah dari kesalahan anda”. Ini adalah nasihat yang baik. Tetapi ini sangat bijaksana untuk mengambil pelajaran dari kesalahan orang lain.

Meskipun ada banyak pelajaran yang bisa dipetik dari investasi, anda tidak harus mulai berinvestasi sampai anda memiliki pengetahuan investasi setidaknya secara mendasar. Jika anda berpikir tentang reksa dana, lalu pelajarilah dasar-dasar investasi reksa dana. Mungkin tidak perlu menunda investasi secara terus-menerus, tetapi habiskan masa-masa pembelajaran selama satu bulan untuk meneliti dan membaca agar anda dapat memulainya di jalur yang benar. Setelah anda tahu bagaimana caranya untuk memulai investasi, anda akan dapat membuat pilihan investasi yang bijaksana.

  • Anda mempunyai hutang

Hal ini sangat tepat jika anda telah memutuskan apabila ingin mendapatkan kehidupan keuangan yang berada dibawah kendalimu sendiri. Keluar dari hutang adalah hal yang sangat bagus. Sayangnya, jika anda memiliki hutang, pilihan yang lebih baik untuk anda adalah dengan menunda aksi menabung untuk masa pensiun sampai anda benar-benar terbebas dari hutang. Walaupun ada pengecualian yang pasti untuk aturan ini, sebagian besar orang yang memiliki hutang akan lebih baik secara emosional dan matematis apabila mereka mengurangi hutang konsumen yang tinggi terlebih dahulu. Salah satu kesalahan terbesar yang bisa dilakukan adalah saat memulai investasi, anda memiliki pembayaran bunga yang tinggi, dan kemudian memaksa anda untuk menarik uang (biaya) dari akun masa pensiun anda untuk membebaskan dirimu dari hutang tersebut.

  • Rencana masa depan anda tidak diketahui sepenuhnya

Tak satupun dari kita yang dapat mengetahui semua rencana masa depan kita dengan pasti. Namun saat berinvestasi, anda harus memiliki gagasan yang solid tentang bagaimana anda ingin menginvestasikan uang dan seberapa lama uang tersebut bisa menetap didalam pasar. Waktu adalah komponen yang diperlukan untuk mengurangi resiko. Semakin banyak waktu yang anda miliki, maka semakin sedikit resiko yang anda derita nantinya. Jika anda memiliki uang dan tidak tahu seberapa cepat anda akan membutuhkannya kelak, anda lebih baik menyimpannya didalam sebuah bunga yang tinggi dan ini bisa anda dapatkan didalam rekening bank.

Seringkali, membeli, menjual dan mentransferkan antar rekening akan dikenakan biaya. Jangan terburu-buru saat membuka rekening hanya untuk mengetahui anda akan diharuskan membayar biaya untuk mencairkan dana awal dari akun masa pensiun. Selain itu, anda perlu mengambil waktu yang diperlukan untuk memastikan jenis investasi yang tepat yang sesuai dengan kebutuhan anda. Misalnya, jika anda mulai menabung untuk kuliah anakmu menggunakan ESA, anda dapat selambat-lambatnya mentransferkan dana tersebut untuk disimpan didalam Roth IRA sebagai gantinya. Anda harus yakin tentang rencana permainanmu sebelum anda melompat ke dalam strategi investasi.

Investasi adalah kegiatan yang sangat pribadi berdasarkan pada situasi pribadi anda sepenuhnya.

Dapatkan anda memikirkan situasi lain dimana “saat ini” bukanlah merupakan waktu terbaik untuk memulai investasi?

Sekarang anda sudah tahu fakta yang sebenarnya, bukan? Semua tergantung kepada anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *